Harga Bawang Goreng 2019



Harga Bawang Goreng 2019

Harga Bawang Goreng 2019  -  Saat ini semakin banyak pelaku usaha bawang goreng kemasan. Di pasar ini, banyak penjual bawang goreng kemasan skala rumahan seperti kami. Dari berbagai kota di Indonesia terutama yang memang menjadi sentra bawang merah. Misalnya jawa timur, pemasok bawang merah goreng biasanya dari Probolinggo dan Nganjuk. Yang kemudian didistribusikan ke berbagai kota. Bisa lewat offline atau pun online. 


Di jaman internet ini tentu urusan jual beli menjadi sangat mudah. Berbagai pasar online menawarkan kemudahan bagi penggunannya, baik untuk penjual maupun pembeli. Makin pesatnya pasar online bisa kita lihat dari cara marketplace yang jor-joran beriklan di televisi dengan berbagai programnya. Biasanya berupa cashback, undian berhadiah, gratis ongkir dll.


Hal ini pun dimanfaatkan untuk jualan bawang goreng, mengingat permintaan pasar untuk produk bawang goreng sangat tinggi. Baik itu untuk pengusaha kuliner, rumah tangga, bahkan dijual lagi. Petani bawang merah masa kini tentu melihat peluang online ini.  


Bawang goreng salah satu produk yang dapat dijadikan bumbu memasak supaya menghasilkan rasa dan aroma yang sedap. Masakan akan terasa kurang mantap bila belum diberi tambahan bawang goreng. Sehingga bawang goreng selalu dibutuhkan disetiap proses memasak. Bawang goreng selain sebagai penguat rasa masakan juga mampu mempercantik hidangan masakan. Supaya lebih praktis maka telah ada bawang goreng instan yang siap digunakan sehingga tidak perlu lagi membuatnya.
Proses pembuatan yang memakan waktu lama membuat banyak kalangan lebih memilih membeli produk bawang goreng yang telah jadi. Dengan melihat fungsi dan banyak yang membutuhkan bawang goreng maka bisa dimanfaatkan dengan baik seperti membuka bisnis bawang goreng. Prospek dari usaha bawang goreng sangat bagus jadi akan mampu memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha.

Prospek usaha bawang goreng ini sangat bagus sekali sehingga mampu menambah keuntungan. Namun ada kalanya harga bawang goreng tidak stabil sehingga biasa mengelami kenaikan mulai dari harga Rp. 25.000 hingga Rp. 45.000 untuk per kg. Sehingga keuntungan yang didapatkan tidak terlalu besar. Tetapi jika pasokan yang diberikan cukup melimpah biasanya harga bisa normal dan mampu memberikan keuntungan besar. Bisnis bawang goreng memang mampu memberikan keuntungan yang tak terduga. Proses pengelolaan bisnis bawang goreng memang perlu sekali diperhatikan supaya dapat memperoleh keuntungan maksimal.

Dalam hal ini bahan baku untuk membuat bawang goreng yaitu bawang merah berkualitas. Supaya dapat menghasilkan bawang goreng yang bagus maka Anda perlu mencari bawang goreng dengan kualitas bagus. Untuk bisa mendapatkan bahan baku bawang bisa mencoba bekerjasama dengan petani bawang merah supaya mendapatkan produk bawang merah yang berkualitas. Selain mendapatkan bahan baku langsung dari petani harga yang akan lebih terjangkau karena mengambil bawang dengan jumlah yang besar. Salah satu bawang merah terbaik berasal dari Probolinggo. Varietas bawang merah probolinggo terkenal gurih, renyah dan wangi.

Berbeda dengan bawang merah nganjuk yang bila digoreng tanpa dicampuri tepung hasilnya biasanya lembek dan kurang renyah. Ada lagi jenis bawang merah yang bila digoreng malah hitam seperti gosong. Tentu bawang jenis ini kurang bagus bila dijual.

Tips membuat bawang goreng renyah tanpa campuran:

>> Pilih bawang merah yang kualitas bagus dari jenis yang bagus pula.

Kualitas bagus itu maksudnya bawang merah yang dipanen diusia yang cukup. Kalo di Probolinggo biasanya 60 hari. Kurang dari itu, misalnya dipanen usia 40 hari, bila digoreng hasil yang diperoleh tidak bagus. Biasanya bawangnya kisut saat digoreng. mengecil.

Apa ada bawang merah yang dipanen prematur? Jawabnya: banyak. Biasanya pas harga bawang murah banget. Jadi kalo dipelihara sampe 60 hari, biaya yang dikeluarkan makin banyak sementara hitungan pendapatan yang diperoleh tidak sepadan. Makanya dipanen sebelum waktuya.

Atau alasan lainnya diserang hama (ulat).

Lalu bagaimana membedakan bawang merah yang dipanen diusia yang cukup atau tidak? Susah jelasinnya. Hahahaaha

Pilih jenis yang bagus: ini varietas. Bawang Sumenep atau bawang Probolinggo itu bagus dibuat bawang goreng.

>> Kupas bawang merah dengan sempurna

Usahakan jangan sampai kulit luarnya kurang bersih saat dikupas. Kulit luar ini walaupun ikut tergoreng tetap tidak berubah. Jadi bawang goreng yang dihasilkan terlihat kotor kalo ngupasnya kurang bersih.

>> Irisan bawang merahnya harus pas dan langsung goreng

Tidak terlalu tebal juga terlalu tipis. Bawang merah yang sudah diiris harus digoreng saat itu juga. Bila dibiarkan sampai keesokannya, hasilnya pasti tidak sesuai harapan. Bawang yang sudah diiris sebaiknya dicuci dulu sebelum digoreng, hal ini juga berpengaruh pada hasilnya nanti.

Bawang merah yang sudah dikupas aja (belum diiris) boleh dibiarkan sampai esoknya. Jangan lebih semalam. Syaratnya juga harus disimpan di tempat terbuka.bukan di dalam plastik, karung atau apapun. Dan jangan ditumpuk. Yang seperti ini sebelum diiris dicuci dulu, setelah diiris dicuci lagi. Baru digoreng.

>> Pakai minyak goreng yang bagus

>> Goreng sampai hampir matang

Pas hampir matang diangkat. Ditiriskan. Bawang goreng akan sempurna kematangannya pas ditiriskan di serok. Kalau digoreng sampai matang, nanti gosong pas sudah diserok. Ini keahliannya ibu rumah tangga. Kira-kira sama seperti menggoreng kacang.

>> Tiriskan di tempat terbuka dulu

Setelah dari serok, tiriskan lagi di tempat terbuka. Sampai dingin. Setelah itu kalo saya biasanya dispiner. Dibuang minyaknya. Baru dikemas.

Selesai.